Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Mengelola Keuangan Bimbel Secara Sederhana

Cara Mengelola Keuangan Bimbel Secara Sederhana

Diposting pada 11 November 2015 oleh Modul Bimbel

Cara Mengelola Keuangan Bimbel Secara Sederhana

Ingin bimbel Anda tetap transparan dan Anda bisa mengecek pemasukan dan pengeluaran di tiap periodenya? Nah, kelolalah keuangan bimbel Anda dengan bijak.

Lalu, bagaimana mengatur keuangan agar tetap terjaga sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda? Ini dia caranya.

Modul Bimbel SMP

Modul Bimbel SMPĀ 

Kelola Pemasukan dan Pengeluaran

Ingat, pemasukan hanya berasal dari iuran dari para murid, sementara Anda memiliki banyak pengeluaran yang ditanggung tiap bulannya. Sebelum mendirikan bisnis ini, akan lebih baik jika Anda menghitung semua pengeluaran terlebih dahulu sehingga keuntungan dan iuran yang harus siswa bayar bisa dihitung juga.

Pengeluaran bulanan umumnya terdiri dari tagihan telepon, listrik, air, pembelian ATK, sewa gedung (kalau ada), gaji karyawan, dan biaya tak terduga.

Sistem Hitung Gaji Staf dan Guru

Dari semua pengeluaran yang ada, sistem penggajian guru dan staf adalah yang paling penting untuk dipertimbangkan. Memberikan gaji ada beberapa cara, salah satunya adalah berdasarkan sistem bagi hasil. Sistem ini bisa digunakan bila Anda mengenal baik semua staf dan guru khususnya ketika pada awal pendirian bimbel. Gaji guru sangatlah dibawah standar pada saat itu. Sehingga sistem bagi hasil yang dihitung dari jumlah siswa yang mendaftar paling tepat digunakan.

Pertimbangan Besaran Gaji Staf dan Guru

Tentu saja, gaji yang diberikan tidak serta merta bedasarkan pada jumlah siswa yang mendaftar. Bimbel juga memiliki pengeluaran di tiap bulannya, sehingga gaji yang diberikan pun harus dihitung terlebih dahulu dengan pengeluaran yang ditanggung tiap bulannya.

Metode yang bisa digunakan adalah menggunakan prosentasi, dimana pemiliki bimbel mendapatkan 20%, guru 35%, staf karyawan 15%, dan siswa 30% digunakan untuk membayar segala pengeluaran tiap bulannya, dari telepon, air, ATK dan lain-lain. Gaji yang diterima mungkin berubah, tergantung dari banyaknya siswa yang mendaftar.

Namun, berbeda dengan bimbel yang telah besar. Dana yang besar memudahkan penghitungan gaji. Model persentasi seperti di atas tidak lagi relevan. Besaran gaji untuk staf dan guru sangat tergantung dari pemilik bimbel.

Itulah beberapa yang harus diperhatikan ketika mengelola keuangan bimbel secara sederhana. Akan sangat diperlukan ketika Anda merintis bimbel Anda dalam waktu dekat.

Bagikan informasi tentang Cara Mengelola Keuangan Bimbel Secara Sederhana kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Mengelola Keuangan Bimbel Secara Sederhana | Modul Bimbel | Modul Bimbingan Belajar

Belum ada komentar untuk Cara Mengelola Keuangan Bimbel Secara Sederhana

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan