Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu- Minggu libur
Beranda » Artikel Terbaru » Mengelola Sumber Daya Manusia Bimbel

Mengelola Sumber Daya Manusia Bimbel

Diposting pada 11 November 2015 oleh Modul Bimbel

Mengelola Sumber Daya Manusia Bimbel

Tentor atau guru adalah tonggak utama bagi kelangsungan bimbel Anda. Adalah sangat penting untuk mendapatkan guru yang ahli dan mampu dalam mengajar. Di sisi lain, guru yang berpengalaman menuntut gaji tinggi. Untuk bimbel yang baru berdiri, ini menjadi persoalan yang serius. Akan lebih baik memilih fresh-graduate, yang walaupun tidak memiliki pengalaman, tapi bisa diajari lebih dini. Guru adalah salah satu sumber daya manusia yang paling penting di bimbel. Begitu mendapatkannya, bimbel harus bisa mengelolanya dengan baik.

DVD7 Render-TK(af)

Di bawah ini adalah SDM yang diperlukan oleh bimbel selain guru, dan bagaimana cara mengelola mereka.

Cara Dasar Mengelola Staf dan Guru

Saat pertama kali mendirikan bimbel, Anda akan membutuhkan beberapa orang untuk membantu Anda, yaitu 1 orang resepsionis/ADM dan guru-guru yang terbagi menjadi guru SD, SMP dan SMA yang masing-masing berjumlah 1 hingga 2 orang. Banyaknya staf dan guru tergantung dari jumlah siswa yang diajar.

Anda sebaiknya menanamkan tiga sifat yang wajib diberikan kepada klien (siswa). Staf dan guru harus selalu melayani (serve), memuaskan (satisfy) dan mencintai (love) kepada semua siswanya. Terhadap siswa, memberikan perhatian dalam bentuk cinta itu sangat penting. Caranya beraneka ragam, misalnya dengan bertemu sesering mungkin, lalu menanyakan keluhan dan harapan siswa. Dan yang penting adalah selalu memberikan empati secara nyata kepada siswa.

Agar Guru dan Staf Nyaman dan Betah

Sebagai pemilik bimbel, kita memang berhak untuk mengatur mereka. Namun, sangat penting juga bagi pemilik bimbel memberikan rasa nyaman kepada staf dan guru sehingga mereka betah.

Sebelum kita menuntut guru dan staf memberikan pelayanan penuh kepada siswa, kita harus memberikan dan memuaskan staf dan guru-guru kita. Caranya, yakinkan job-desk yang diberikan jelas dan adil. Sistem yang digunakan bimbel pun harus jelas dan transparan. Berikan jaminan kepada para staf dan guru. Jaminan ini bisa berwujud jaminan kesehatan, pensiun atau yang lainnya.

Berhasil tidaknya mendapatkan staf dan guru yang baik tergantung dari recruitmen yang digunakan. Mencari guru haruslah melalui serangkaian tes dari kemampuan akademik, mengajar (dibuktikan dengan mikro-teaching) dan interview.

Itulah bagaimana kita mengelola sumber daya manusia bimbel. Sebagai pemilik bimbel, selalulah memberikan yang terbaik untuk staf dan guru yang membantu Anda.

Bagikan informasi tentang Mengelola Sumber Daya Manusia Bimbel kepada teman atau kerabat Anda.

Mengelola Sumber Daya Manusia Bimbel | Modul Bimbel | Modul Bimbingan Belajar

Belum ada komentar untuk Mengelola Sumber Daya Manusia Bimbel

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Temukan Kami
Sidebar Kiri
Kontak
Cart
Sidebar Kanan